Usaha Cilok

Pentol cilok adalah makanan kecil yang berbahan dasar tepung kanji dengan campuran daging di dalamnya. Rasanya kenyal seperti bakso, namun cara penyajiannya cukum dengan saos,kecap, dan sambal. kebanyakan pedagang cilok adalah pedagang kaki lima. Di daerah kember terkenal dengan cilok DPRD dan di Malang terknal cilok bakarnya. Kebanyakan penjual cilok menjajakan dagangannya di daerah kampus atau keramaian.

Untuk memulai usaha ini sebenarnya tidaklah rumit. Anda tinggal menyiapkan bahan baku : tepung kanji,bumbu bawang dan teman-temannya,lalu campur dengan daging ayam atau sapi, pencampuran tentunya menggunakan air,selanjutnya direbus dan dibentuk bulat-bulat kecil seperti pentol bakso.

Untuk memulai usaha ini, dana yang perlu anda siapkan tidaklah terlalu banyak. Setidaknya Rp 500 ribu untuk dagang pertama. Harga yang dapat anda patok sekitar Rp 100 per pentol. Jika anda dapat membuat 1000 biji pentol cilok berarti uang yang masuk adalah Rp 100.000.Silahkan anda sesuaikan kapasitas poduksi dengan target anda sendiri. Keunikan yang dimiliki adalah berasal dari saos atau umbu yang dicampurkan. Selain itu kekenyalan pentol juga menentukan. Rata-rata konsumen menyukai pentol yang kenyal dan tidak lembek. Variasi saos yang digunakan apat anda lakukan dengan kreatifitas anda sendiri, misalkan menggunakan saos kacang.

Untuk memvariasi pentol,dapat anda tambah dengan pentol goreng atau yang sudah kering. Lalu dapat anda tambah lagi dengan tahu isi kanji. Yang perlu diperhatikan, Makanan ini terkenal dengan makanan murah maka jangan menampakkan penampilan yang terlalu mewah. Namun kebersihan dan kerapian tetap perlu dijaga.

Tidak ada komentar: