Gambaran Usaha Martabak


Bahan baku untuk martabak manis bisa dibeli di pasar tradisional. Adonan martabak mudah rusak dan tidak tahan lama. Karena itu volume adonan yang akan dibuat harus diperhitungkan dengan benar, jangan sampai terlalu banyak. Berdasarkan pengalaman pedagang martabak, 6 kg adonan akan menghasilkan 10 porsi martabak manis ukuran kecil dan 3 porsi ukuran besar. Sedangkan untuk martabak telur, adonan sebanyak 1 kg akan menghasilkan 25 kulit martabak telur.

Tempat usaha yang dibutuhkan relatif kecil karena biasanya konsumen membeli martabak untuk dibawa pulang. Lokasi yang cocok untuk usaha ini adalah dekat dengan jalan raya yang ramai, atau terletak di pusat jajanan. Biaya sewa tempat biasanya sekitar Rp 300.000 – 500.000, tergantung dari luas dan posisi tempat usaha. Penetapan harga harus sesuai, jangan terlalu mahal dan terlalu murah. Biasanya harga martabak manis berkisar antara Rp 3500 – 10.000. Tergantung dari ukuran dan rasa. Untuk martabak telur harganya berkisar Rp 11.000 – 14.000 tergantung dari isi yang digunakan (biasanya jumlah tekur).

TIPS dan TRIK

  • Saat awal memulai jangan terlalu menghabiskan atau membuat terlalu banyak adonan. Pembeli biasanya masih sedikit. Namun jangan putus asa. Biasanya peningkatan pembeli terjadi setelah minggu ke dua hingga satu bulan sejak usaha makanan kita dibuka.
  • Sebelum memilih lokasi berdagang ada baiknya kita melakukan surveu dahulu ke beberapa lokasi. Survei ini bertujuan untuk melihat keramaian lokasi tersebut. Selai melakukannya sendiri, informasi juga dapat diperoleh dari pedagang yang sudah ada di sekitar lokasi yang disurvei.
  • Bergabung dengan paguyuban. Manfaatnya banyak sekali misalkan kita bisa mengikuti pelatihan usaha dari pelatihan penggunaan bahan-bahan yang bermutu, pelatihan pembuatan produk, hingga pelatihan manajemen usaha. Selain itu juga akan terbentuknya jaringan pengusaha martabak, memperoleh potongan harga untuk bahan pokok dari produsen, memperoleh perlengkapan promosi secara gratis, dan memperoleh pernak-pernik gratis dari produsen.
  • Salah satu kunci sukses menjalankan usaha martabak adalah menjaga kualitas. Produk yang dihasilkan harus lebuh bagus dibanding dengan produk yang dihasilkan orang lain. Karena itu jangan pernah mengurangi takaran bahan dasar agar konsumen tidak kecewa dan berpaling ke pedagang lain.

Biaya investasi awal biasanya sekitar Rp 3.500.000. Biaya operasional per bulan sekitar Rp 8. 700.000. Penerimaan perbulan sekitar Rp 11.000.000. Dari asumsi biaya tersebut maka keuntungan yang diperoleh / bulan adalah 11.000.000 – 8.700.000 = Rp 2.300.000. Maka Pay back period-nya (3.500.000 – 2.300.000) x 1 bulan = 1 bulan 12 hari. Informasi lebih lengkap silahkan kirim pertanyaan ke yustiano@gmail.com.


SUKSES UNTUK KITA :-) :-)


Tidak ada komentar: