Bisnis Martabak

Martabak sudah menjadi salah satu jenis makanan yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Kelezatan martabak manis atau martabak telur menjadikan makanan ini disukai semua kalangan masyarakat. Mendapatkan makanan ini pun sangat mudah karena jumlah pedagangnya cukup banyak dengan segmen konsumsi yang berbeda.

Bahan yang digunakan untuk membuat martabak manis dengan martabak telur jelas berbeda. Bahan yang digunakan untuk membuat martabak manis adalah tepung terigu, soda kue, telur, ragi, garam dan air. Cara membuatnya yaitu :

1. campurkan semua bahan, aduk hingga rata

2. olesi loyang besi dengan margarin, lalu panaskan. Tuangkan adonan martabak ke dalam loyang tadi dan biarkan.

3. setelah martabak setengah matang (permukaan tampak berlubang-lubang), taburi dengan gula pasir, lalu masak hingga matang, dan angkat.

4. olesi martabak yang sudah matang dengan margarin, lalu tambahkan keju atau meisis dan kacang di atasnya. Setelah itu lipat dan olesi permukaannya menggunakan margarin, dan potong-potong, selain kacang, coklat, dan keju, martabak manis juga bisa diisi dengan jagung manis, pisang raja, durian, atau aneka buah.

Bahan yang digunakan untuk membuat martabah telur ada dua bagian, yaitu untuk kulit dan isi. Kulit martabak bisa menggunakan kulit lumpia ayau membuat sendiri. Jika kita membuat sendiri kulitnya bahan yang dibutuhkan adalah tepung terigu, air, minyak sayur dan garam. Membuat kulit martabak dilakukan dengan cara mencampur semua bahan menjadi satu, lalu mengaduknya dengan rata. Ambil adonan seberat 50-70 gram dan bentukbulat. Bulatan ini dilumuri dengan margarin dan disimpan di dalam tempat tertutup selama 1 jam. Isi martabak telur terdiri dari telur, daging sapi cincang, kari bubuk, bawang bombay, daun bawang, merica bubuk, garam dan margarin. Daging cincang sebelumnya harus dimasak menggunakan

bumbu bawang merah, bawang putih dan garam yang dihaluskan. Tuangkan adonan telur ke atas kulit martabak yang sedang dipanaskan di atas wajan datar. Lipat semua sisi kulit martabak berwarna kuning kecoklatan.

Martabak manis dan martabak telur dipotong-potong dengan ukuran sedang. Martabak manis enak dinikmati sambil minum teh atau kopi, menyajikan martabak telur biasanya dilengkapi dengan kuah kecap asin dan acar (mentimun, wortel, dan cabai rawit).

Untuk gambaran usaha martabak akan saya paparkan pada posting selanjutnya..

Selamat Mencoba ^_^


Tidak ada komentar: